Senin, 08 Desember 2014

rangkuman BAB 9 PTI

komunikasi
Komunikasi komputer adalah sebuah proses di mana data dua atau lebih komputer atau perangkat mentransfer, instruksi, dan informasi. Hari ini, bahkan komputer terkecil dan perangkat dapat berkomunikasi secara langsung dengan satu sama lain, dengan ratusan komputer pada jaringan perusahaan, atau dengan jutaan komputer lain di seluruh dunia sering melalui Internet.

Penggunaan Komunikasi Komputer

komunikasi di mana-mana. Banyak mengharuskan pengguna berlangganan ke penyedia akses Internet. Dengan komunikasi komputer lain, sebuah organisasi seperti bisnis atau sekolah menyediakan layanan komunikasi kepada karyawan, mahasiswa, atau pelanggan. Halaman-halaman berikut membahas berbagai komunikasi komputer.

Blogs, Chat Rooms, E-Mail, Fax, FTP, Instant Messaging, Internet, Newsgroups, RSS, Video Conferencing, VoIP, Web, Web 2.0, Web Folders, and Wikis
Bab-bab sebelumnya dibahas banyak menggunakan komunikasi komputer saat mereka berhubungan dengan topik tertentu. Dalam perjalanan hari, kemungkinan Anda gunakan, atau menggunakan informasi yang dihasilkan oleh, satu atau lebih dari sebelumnya dibahas teknologi komunikasi yang ini.Wireless Messaging Services Pengguna dapat mengirim dan menerima messages m nirkabel ke dan dari ponsel pintar, ponsel, tangan-diadakan konsol game, dan perangkat mobile lainnya dan komputer menggunakan tiga teknik: pesan teks, pesan gambar / video, dan kawat-pesan yang kurang instan). Jenis pesan yang Anda gunakan tergantung terutama pada layanan yang ditawarkan oleh penyedia layanan Internet nirkabel (WISP) yang bekerja dengan ponsel atau perangkat mobile lainnya yang Anda pilih. Dalam kebanyakan kasus, Anda dapat menerima pesan tersebut tanpa biaya, tetapi membayar per penggunaan atau biaya bulanan untuk mengirim pesan kepada orang lain.
Ringkasan Komunikasi Dibahas di Bab Sebelumnya

Jenis komunikasi
Penjelasan Singkat
Blogs
Artikel waktu tertera pada jaringan yang mencerminkan penulis kepentingan, pendapat, dan kepribadian
Chat Rooms
Real-time diketik percakapan antara dua orang atau lebih yang terjadi pada komputer yang terhubung ke jaringan yang juga memungkinkan pertukaran pesan, foto, file, audio, dan video
E-Mail
Transmisi pesan dan file melalui jaringan komputer
Fax
Mengirim dan menerima dokumen melalui saluran telepon
FTP
Standar Internet yang memungkinkan pengguna untuk meng-upload dan download file ke dan dari server FTP di Internet
Instant Messaging
Real-time satu-satu layanan komunikasi internet yang memberitahu Anda ketika satu atau lebih orang sedang online dan kemudian memungkinkan Anda untuk bertukar pesan, foto, file, audio, dan video
Internet
Koleksi di seluruh dunia jaringan yang menghubungkan jutaan bisnis, instansi pemerintah, lembaga pendidikan, dan individu
Newsgroups
Daerah online di mana pengguna telah menulis diskusi tentang topik tertentu
RSS
Spesifikasi yang memungkinkan konten web untuk didistribusikan ke pelanggan
Video Conferencing
Pertemuan Real-time antara dua atau lebih orang secara geografis terpisah yang menggunakan jaringan untuk mengirimkan data audio dan video
VoIP
Percakapan yang terjadi melalui Internet menggunakan telepon yang terhubung ke komputer, perangkat mobile, atau adaptor telepon
Web
Koleksi di seluruh dunia dari dokumen elektronik di internet yang mengakses pengguna melalui browser Web
Web 2.0
Situs web yang menyediakan sarana bagi pengguna untuk berbagi informasi pribadi, memungkinkan pengguna untuk memodifikasi konten situs Web, dan / atau memiliki perangkat lunak aplikasi yang dibangun ke dalam situs bagi pengunjung untuk menggunakan
Web Folders
Lokasi pada server Web yang pengguna mempublikasikan dokumen dan file lainnya
Wikis
Website kolaboratif yang memungkinkan pengguna untuk membuat, menambah, mengubah, atau menghapus konten situs Web

Pesan Teks
Sebuah perangkat mobile dengan pesan teks, juga disebut SMS (layanan pesan singkat), kemampuan memungkinkan pengguna untuk mengirim dan menerima pesan teks singkat, biasanya kurang dari 300 karakter, pada ponsel atau perangkat mobile lainnya atau komputer. Layanan pesan teks biasanya menyediakan pengguna dengan beberapa pilihan untuk mengirim dan menerima pesan:
Mobil ke Mobil: mengirim pesan dari ponsel Anda ke perangkat selular lain
Mobil ke E-Mail: mengirim pesan dari ponsel Anda ke alamat e-mail di mana saja di dunia
Web ke Mobil: mengirim pesan dari sebuah situs web pesan teks ke perangkat mobile, atau meminta situs Web waspada perangkat mobile dengan pesan berita dan update lainnya, seperti skor olahraga, harga saham, dan prakiraan cuaca
Mobil ke Provider kirim pesan dengan memasukkan umum kode pendek (CSC), yang merupakan nomor empat atau lima digit yang diberikan ke konten tertentu atau penyedia layanan nirkabel, diikuti oleh pesan, seperti suara untuk televisi Program kontestan atau entri untuk undian
Kebanyakan layanan toko pesan teks yang masuk untuk waktu terbatas, seperti lima hari. Setelah waktu yang ditentukan, WISP akan menghapus pesan yang belum dibaca dari server-nya.
Gambar / Pesan Video
Dengan pesan gambar, pengguna dapat mengirim gambar dan file suara, serta pesan teks singkat, ke telepon atau perangkat mobile lainnya, atau komputer. Dengan pesan video, pengguna dapat mengirim klip video pendek, biasanya sekitar 30 detik panjangnya, di samping semua layanan pesan gambar. Ponsel pintar dan perangkat mobile lainnya dengan pesan gambar / video, juga disebut MMS (layanan pesan multimedia), capab ility biasanya memiliki kamera digital yang dibangun ke dalam perangkat. Pengguna yang mengharapkan untuk menerima berbagai pesan gambar / video harus memverifikasi ponsel memiliki memori yang memadai. Layanan gambar / video messaging biasanya memberikan pengguna pilihan ini untuk mengirim dan menerima pesan:
Mobil ke Mobil: mengirim gambar / video dari ponsel Anda ke perangkat selular lain
Mobil ke E-Mail: mengirim gambar / video dari perangkat mobile Anda ke alamat e-mail di mana saja di dunia
Jika Anda mengirim pesan gambar ke telepon yang tidak memiliki pesan gambar / video capabil- ity, telepon biasanya menampilkan pesan teks yang mengarahkan pengguna ke halaman Web yang berisi pesan gambar / video. Beberapa jaringan sosial online memungkinkan Anda untuk mengirim pesan gambar / video ke nomor yang ditetapkan untuk mengirim pesan secara otomatis ke profil online Anda.
Wireless Pesan Instan
Wireless instant messaging (IM) adalah real-time komunikasi internet layanan yang memungkinkan perangkat mobile nirkabel untuk bertukar pesan dengan satu atau lebih perangkat mobile atau pengguna online. Beberapa gumpalan bermitra dengan layanan IM sehingga Anda dapat menggunakan ponsel pintar atau perangkat mobile lainnya ke
mengirim dan menerima pesan instan nirkabel. Layanan nirkabel AT & T, misalnya, memungkinkan komunikasi melalui berbagai Sengers-pesan instan seperti AIM (AOL Instant Messenger), Windows Live Messenger, dan Yahoo! Messenger. Dengan layanan IM yang kompatibel, pengguna memiliki pilihan IM ini:
Mobil ke Mobil: menggunakan instant messenger nirkabel untuk berkomunikasi antara dua perangkat mobile
Mobil ke Personal Computer: menggunakan instant messenger nirkabel untuk berkomunikasi antara perangkat mobile dan komputer desktop atau notebook
Web ke Mobil: mengirim atau meneruskan pesan dari instant messenger desktop atau notebook komputer ke perangkat mobile
Wireless Access Points Internet
Di rumah, tempat kerja, sekolah, dan di banyak lokasi umum, orang terhubung secara nirkabel ke Internet melalui titik akses internet nirkabel menggunakan komputer notebook, ponsel pintar, konsol game genggam, atau perangkat lainnya. Pengguna mengakses jalur akses internet nirkabel dengan komputer atau perangkat yang memiliki built-in diperlukan kemampuan nirkabel atau kartu jaringan nirkabel yang sesuai, adapter jaringan USB, modul ExpressCard, atau PC Card. Dua jenis jalur akses internet nirkabel hot spot dan jaringan mobile wireless. Sebuah hot spot adalah jaringan nirkabel yang menyediakan koneksi internet untuk komputer mobile dan perangkat. Melalui hot spot, pengguna ponsel memeriksa e-mail, browsing web, dan mengakses layanan apapun di Internet. Tiga teknologi hot spot adalah Wi-Fi, WiMAX, dan Bluetooth. Wi-Fi hot spot menyediakan nirkabel pemantulan jaringan samb untuk pengguna di lokasi umum seperti bandara dan pesawat terbang, stasiun kereta api, hotel, pusat konvensi, sekolah, berkemah, marina, pusat perbelanjaan, toko buku, perpustakaan, restoran, dan toko-toko kopi. Rentang erage-perjanjian untuk WiMAX hot spot bisa jauh lebih luas daripada Wi-Fi; misalnya, mereka bisa menutupi seluruh kota. Bluetooth hot spot menyediakan layanan berbasis lokasi, seperti mengirim kupon atau menu, untuk pengguna yang perangkat berkemampuan memasuki kisaran cakupan. Bagian selanjutnya dalam bab ini membahas Wi-Fi, WiMAX, dan Bluetooth secara lebih rinci. Beberapa hot spot menyediakan akses internet gratis, beberapa mengenakan biaya per-gunakan, dan lain-lain mengharuskan pengguna untuk berlangganan WISP, untuk yang mereka membayar biaya per-akses, biaya sehari-hari, atau biaya bulanan.
warnet
Ketika pengguna ponsel bepergian tanpa komputer notebook atau Internet memungkinkan perangkat mobile, mereka dapat mengunjungi warnet untuk mengakses e-mail, web, dan layanan internet lainnya. Sebuah warnet, atau kafe Internet, adalah kedai kopi, restoran, atau lokasi lain yang menyediakan komputer pribadi dengan akses internet kepada pelanggan Warnet yang ada di kota-kota di seluruh dunia. Meskipun beberapa menyediakan akses Internet gratis, sebagian besar mengenakan per jam atau biaya menit per-. Beberapa warnet juga yang hot spot, menyediakan koneksi internet nirkabel untuk pengguna dengan komputer mobile dan perangkat.
Global Positioning System
Sebuah sistem global positioning (GPS) adalah sistem navigasi yang terdiri dari satu atau lebih penerima bumi berbasis yang menerima dan menganalisis sinyal yang dikirim oleh satelit untuk menentukan lokasi geografis penerima .Sebuah penerima GPS adalah genggam, mountable, atau perangkat embedded yang berisi antena, penerima radio, dan prosesor. Banyak termasuk tampilan layar yang menunjukkan tion DENGAN LOKASI individu pada peta. Beberapa juga berfungsi sebagai media player portabel yang memungkinkan Anda, misalnya, untuk memutar musik dan melihat gambar pada perangkat. Banyak perangkat mobile seperti ponsel pintar memiliki kemampuan GPS dibangun ke dalam perangkat atau sebagai fitur add-on. Beberapa pengguna membawa penerima GPS genggam; lain me-mount penerima ke objek seperti mobil, kapal, pesawat terbang, pertanian dan peralatan konstruksi, atau komputer. Aplikasi pertama dan paling banyak digunakan teknologi GPS adalah untuk membantu orang-orang dengan menentukan di mana mereka berada. Data yang diperoleh froma GPS, bagaimanapun, dapat diterapkan untuk berbagai kegunaan lain: membuat peta, memastikan rute terbaik antara dua titik, menemukan orang hilang atau dicuri objek, memantau pergerakan orang atau objek, menentukan ketinggian, dan menghitung kecepatan. Banyak kendaraan menggunakan GPSs untuk menyediakan driver dengan arah atau informasi lain, seperti alternatif rute lalu lintas, secara otomatis meminta bantuan jika airbag ini digunakan, bantuan pinggir jalan pengiriman, membuka pintu sisi pengemudi jika tombol terkunci di dalam mobil, dan melacak kendaraan jika dicuri. Penerima GPS yang lebih baru juga memberikan informasi tentang driver dekat tempat menarik, seperti pompa bensin, restoran, dan hotel. Pejalan kaki dan berkemah terpencil dapat membawa penerima GPS dalam kasus mereka membutuhkan bantuan darurat atau arah. Baca Inovatif Computing 9-1 untuk mencari tahu tentang hobi yang menggunakan teknologi GPS. Beberapa receiver GPS bekerja sama dengan jaringan nirkabel seluler. Orang tua, misalnya, dapat menemukan keberadaan anak melalui ponsel yang dilengkapi dengan penerima GPS.
groupware
Groupware adalah perangkat lunak yang membantu kelompok-kelompok orang bekerja sama menggarap proyek dan berbagi informasi melalui jaringan. Groupware adalah ac omponent dari sebuah konsep yang luas yang disebut komputasi workgroup, yang meliputi perangkat keras jaringan dan perangkat lunak yang memungkinkan anggota kelompok untuk berkomunikasi, mengelola proyek, jadwal pertemuan, dan membuat keputusan kelompok. Untuk membantu kegiatan ini, sebagian groupware memberikan manajer informasi pribadi (PIM) fungsi, seperti appointmentscalendar elektronik, buku alamat, dan notepad. Fitur utama dari groupware adalah penjadwalan kelompok, di mana kalender kelompok dapat melacak jadwal pengguna ultiple m dan membantu mengkoordinasikan ppointments dan kali pertemuan.
Voice Mail
Voice mail, yang berfungsi seperti mesin penjawab, memungkinkan seseorang untuk meninggalkan pesan suara untuk satu atau lebih orang. Tidak seperti mesin penjawab, bagaimanapun, komputer dalam sistem pesan suara mengkonversi suara analog message bijak dalam bentuk digital. Setelah didigitalkan, pesan tersebut akan disimpan dalam kotak suara. Sebuah kotak suara adalah lokasi penyimpanan pada hard disk dalam sistem pesan suara. Untuk membantu pengguna mengelola pesan suara, beberapa sistem menawarkan pesan suara visual. Dengan pesan suara visual, pengguna dapat melihat rincian pesan seperti panjang panggilan dan, dalam beberapa kasus, membaca isi pesan bukannya mendengarkan mereka. Beberapa sistem pesan suara dapat mengirim file audio voice mail ke alamat e-mail. Orang lain dapat mengkonversi pesan suara ke pesan teks untuk ditampilkan pada komputer atau perangkat mobile seperti ponsel pintar, yang kemudian dapat mengelola seperti pesan teks lainnya.
kolaborasi
Banyak program menyediakan sarana untuk berkolaborasi, atau bekerja secara online, dengan pengguna lain yang terhubung ke server. Tiga metode kolaborasi termasuk perangkat lunak kolaboratif, meninjau melalui e-mail, dan sistem manajemen ument doc. Perangkat lunak kolaboratif termasuk alat yang memungkinkan pengguna untuk berbagi dokumen melalui pertemuan online dan berkomunikasi dengan pengguna lain yang terhubung. web Services
Layanan web menggambarkan perangkat lunak standar yang memungkinkan programmer untuk CRE aplikasi makan yang berkomunikasi dengan komputer remote lainnya melalui Internet atau jaringan bisnis internal (Gambar 9-8). Bisnis menggunakan layanan Web karena teknologi ini menyediakan sarana untuk departemen untuk berkomunikasi satu sama lain, pemasok, vendor, dan dengan klien. Sebagai contoh, vendor pihak ketiga dapat menggunakan layanan Web untuk berkomunikasi dengan situs web toko online mereka untuk mengelola tingkat persediaan mereka. Layanan web sering memberikan konten untuk mashup. Sebuah Mashup adalah aplikasi web yang menggabungkan layanan dari dua atau lebih sumber, menciptakan aplikasi baru. Sebuah bisnis e-commerce, misalnya, mungkin menentukan alamat toko ritel terdekatnya dari situs Web-nya dan menggabungkan (tumbuk) lokasi dengan peta dari sebuah situs web perjalanan dan pemetaan untuk memberikan pengunjung situs web dengan arah mengemudi. Layanan web tidak memerlukan bahasa tertentu pemrograman, sistem operasi, atau browser Web. Aplikasi yang berbeda dari platform yang berbeda dapat berkomunikasi satu sama lain dengan mengirimkan diformat dengan benar XML (Extensible Markup Language) file ke layanan Web. Sebuah aplikasi Windows, misalnya, dapat berkomunikasi dengan aplikasi UNIX. Layanan Web tidak memiliki antarmuka pengguna karena antarmuka pengguna yang plikasi yang berinteraksi dengan layanan Web.
Jaringan

Sebagaimana dibahas
dalam Bab 1, jaringan adalah kumpulan komputer dan perangkat c onnected bersama-sama melalui perangkat komunikasi dan media transmisi. Banyak bisnis jaringan komputer mereka bersama-sama untuk memfasilitasi komunikasi, hardware saham, data saham dan informasi, perangkat lunak berbagi, dan transfer dana (Gambar 9-9). Sebuah jaringan dapat internal suatu organisasi atau rentang dunia dengan menghubungkan ke Internet. Paragraf berikut menjelaskan keuntungan menggunakan jaringan.
Memfasilitasi komunikasi menggunakan jaringan, orang berkomunikasi secara efisien dan mudah melalui e-mail, instant messaging, chat room, blog, wiki, jaringan sosial online, panggilan telepon video, pertemuan online, konferensi video, VoIP, layanan pesan nirkabel, dan groupware. Beberapa komunikasi ini, seperti e-mail, terjadi dalam jaringan internal suatu bisnis. Lain kali, mereka terjadi secara global melalui Internet.
Berbagi perangkat keras Dalam lingkungan jaringan, setiap komputer di jaringan dapat memiliki akses ke perangkat keras pada jaringan. Bisnis dan rumah pengguna jaringan perangkat keras mereka untuk menghemat uang. Artinya, mungkin terlalu mahal untuk menyediakan setiap pengguna dengan bagian yang sama dari perangkat keras seperti printer. Jika komputer dan printer laser yang terhubung ke etwork, pengguna komputer masing-masing mengakses printer laser pada jaringan, karena mereka membutuhkannya.
Data Berbagi dan informasi na lingkungan jaringan, setiap pengguna komputer yang berwenang dapat mengakses data dan informasi yang tersimpan di komputer lain pada jaringan. Sebuah perusahaan besar, misalnya, mungkin memiliki database informasi pelanggan. Setiap orang yang berwenang, termasuk pengguna mobile dengan ponsel pintar atau perangkat lain yang terhubung ke jaringan, memiliki akses ke database. Sebagian besar perusahaan menggunakan standar, seperti EDI (electronic data interchange), yang mendefinisikan bagaimana data mentransmisikan seluruh saluran telepon atau cara lain. Sebagai contoh, perusahaan menggunakan EDI untuk menangani distribusi katalog produk, tawaran, permintaan penawaran, proposal, penempatan pesanan, pemberitahuan pengiriman, faktur, dan proses pembayaran. EDI memungkinkan dunia usaha untuk beroperasi dengan jumlah minimum dokumen. Standar lain yang populer berbagi data XML, dijelaskan sebelumnya dalam bab ini secara singkat. Menggunakan XML, programmer web dapat membuat satu versi halaman Web yang kemudian dapat ditampilkan dalam bentuk yang sesuai untuk berbagai perangkat layar. XML juga digunakan dalam RSS, yang digunakan untuk mendistribusikan konten, seperti berita, untuk pelanggan.
software Sharing - Pengguna terhubung ke jaringan memiliki akses ke perangkat lunak pada jaringan. Untuk mendukung akses beberapa pengguna 'perangkat lunak, sebagian besar vendor menjual versi jaringan atau lisensi situs perangkat lunak mereka, yang biasanya biaya kurang dari membeli salinan individu dari perangkat lunak untuk setiap komputer. Sebuah lisensi jaringan adalah perjanjian legal yang memungkinkan beberapa pengguna untuk mengakses perangkat lunak pada server secara bersamaan. Biaya lisensi jaringan biasanya didasarkan pada jumlah pengguna atau jumlah komputer yang melekat pada jaringan. Sebuah lisensi situs adalah perjanjian legal yang memungkinkan pengguna untuk menginstal perangkat lunak pada beberapa komputer - biasanya dengan diskon volume.
Mentransfer dana - Disebut transfer dana elektronik (EFT), memungkinkan pengguna terhubung ke jaringan untuk mentransfer uang dari satu rekening bank ke bank lain melalui medium transmisi. Kedua perusahaan dan konsumen menggunakan EFT. Konsumen menggunakan ATM untuk mengakses rekening bank mereka. Bisnis menyimpan cek gaji secara langsung dalam rekening bank karyawan. Konsumen menggunakan kartu kredit untuk melakukan
pembelian dari sebuah situs web ritel. Bisnis menggunakan EFT untuk membeli dan membayar barang yang dibeli dari vendor. Kedua perusahaan dan konsumen membayar tagihan secara online, yang mereka menginstruksikan bank untuk menggunakan EFT untuk membayar kreditur.
Alih-alih menggunakan Internet atau investasi dan mengelola jaringan internal, beberapa perusahaan menyewa penyedia jaringan nilai tambah untuk fungsi jaringan. Sebuah jaringan nilai tambah (VAN) adalah bisnis pihak ketiga yang menyediakan layanan jaringan seperti data yang aman dan mentransfer informasi, penyimpanan, e-mail, dan laporan manajemen. Beberapa VAN membebankan biaya tahunan atau bulanan; biaya lain oleh layanan yang digunakan. Untuk pembahasan teknis tentang jaringan, baca artikel Bicara High-Tech pada halaman 498.
LAN, MAN, dan WAN
Jaringan biasanya diklasifikasikan sebagai jaringan area lokal, jaringan area metropolitan, atau wide area network. Perbedaan utama antara klasifikasi tersebut adalah daerah mereka cakupan, seperti yang dijelaskan di halaman berikut. Baca Menatap ke Depan 9-1 untuk melihat jenis lain dari jaringan.
LAN Sebuah jaringan area lokal (LAN) adalah jaringan yang menghubungkan komputer dan perangkat di wilayah geografis terbatas seperti rumah, laboratorium komputer sekolah, gedung perkantoran.
MAN Sebuah jaringan area metropolitan (MAN) adalah jaringan berkecepatan tinggi yang menghubungkan jaringan area lokal di daerah metropolitan seperti kota atau kota dan menangani sebagian besar kegiatan komunikasi yang melintasi wilayah itu. Sebuah MAN typi- Cally mencakup satu atau lebih LAN, tetapi mencakup wilayah geografis yang lebih kecil dari WAN. Sebuah MAN biasanya dikelola oleh konsorsium pengguna atau oleh penyedia jaringan tunggal yang menjual layanan kepada pengguna. Pemerintah daerah dan negara, misalnya, mengatur beberapa MAN. Perusahaan telepon, operator televisi kabel, dan organisasi lainnya menyediakan pengguna dengan koneksi ke MAN.
WAN wide area network (WAN) adalah jaringan yang mencakup area geografis yang luas (seperti kota, negara, atau dunia) menggunakan saluran komunikasi yang menggabungkan berbagai jenis media seperti saluran telepon, kabel, dan gelombang radio Sebuah WAN dapat menjadi salah satu jaringan yang besar atau dapat terdiri dari dua atau lebih LAN terhubung bersama-sama. Internet adalah WAN terbesar di dunia.
Arsitektur Jaringan
Desain komputer, perangkat, dan media dalam jaringan, kadang-kadang disebut arsitektur jaringan, dikategorikan sebagai client / server atau peer to peer. Bagian berikut membahas arsitektur jaringan tersebut.
Client / Server
Pada jaringan client / server, satu atau lebih komputer bertindak sebagai server, dan komputer lain di jaringan es permintaan serv dari server Sebuah server, kadang-kadang disebut komputer host, kontrol akses ke perangkat keras, perangkat lunak, dan sumber daya lain pada jaringan dan menyediakan tempat penyimpanan terpusat untuk program, data, dan informasi. Klien adalah komputer lain dan perangkat mobile pada jaringan yang bergantung pada server untuk sumber daya. Sebagai contoh, server mungkin menyimpan database pelanggan. Klien di jaringan (karyawan perusahaan) mengakses database pelanggan di server. Beberapa server, disebut dedicated server, melakukan tugas tertentu dan dapat ditempatkan dengan dedicated server lain untuk melakukan banyak tugas. Sebagai contoh, toko file server dan mengelola file. Sebuah server print mengelola ers cetak dan dokumen yang dicetak. Sebuah toko server database dan menyediakan akses ke database. Sebuah server jaringan mengelola lalu lintas jaringan (aktivitas). Sebuah server Web adalah sebuah komputer yang memberikan diminta halaman Web ke komputer Anda. Meskipun dapat menghubungkan sejumlah kecil komputer, jaringan client / server biasanya menyediakan cara yang efisien untuk menghubungkan 10 komputer atau lebih. Kebanyakan jaringan client / server memerlukan seseorang untuk melayani sebagai jaringan dministrator karena ukuran besar jaringan.
Peer-to-Peer
Salah satu jenis peer-to-peer network adalah jaringan murah sederhana yang biasanya menghubungkan kurang dari 10 komputer. Setiap komputer, disebut peer, memiliki tanggung jawab yang sama dan kemampuan, berbagi perangkat keras (seperti printer), data, atau informasi dengan komputer lain pada jaringan peer-to-peer. Setiap komputer menyimpan file pada perangkat penyimpanan sendiri. Dengan demikian, setiap komputer pada jaringan berisi sistem operasi server dan perangkat lunak aplikasi. Semua komputer pada jaringan berbagi perangkat periferal
melekat pada komputer manapun. Sebagai contoh, satu komputer dapat memiliki printer laser dan scanner, sementara yang lain memiliki printer ink-jet dan hard disk eksternal. Peer to peer jaringan yang ideal untuk usaha kecil dan pengguna rumahan. Beberapa sistem operasi, seperti Windows, termasuk sebaya to-peer jaringan utilitas yang memungkinkan pengguna untuk mengatur jaringan peer-to-peer. Baca Etika & Isu 9-2 untuk diskusi terkait.
Internet Peer to Peer
Tipe lain dari peer-to-peer, yang disebut P2P, menggambarkan jaringan internet di mana pengguna mengakses masing-masing hard disk dan bertukar file secara langsung melalui Internet
.Jenis jaringan peer-to-rekan kadang-kadang disebut jaringan file sharing karena pengguna dengan perangkat lunak yang cocok dan koneksi internet file copy dari orang lain yang hard disk ke hard disk mereka. Karena semakin banyak pengguna terhubung ke jaringan, setiap pengguna memiliki akses ke file bersama pada pengguna lain 'hard disk. Ketika pengguna log off jaringan, yang lain tidak lagi memiliki akses ke hard disk mereka. Yang mempertahankan kecepatan yang dapat diterima untuk komunikasi, beberapa i mplementations P2P membatasi jumlah pengguna. Contoh perangkat lunak jaringan yang men- dukung pelabuhan P2P BitTorrent, Gnutella, Kazaa, dan LimeWire, yang memungkinkan pengguna untuk bertukar musik dan file lainnya melalui Web. Sebagai contoh, ketika seorang pengguna meminta sebuah lagu, program pencarian melalui daftar file bersama yang disimpan pada satu atau lebih terhubung komputer, yang disebut supernodes. Jika kecocokan ditemukan, file musik disalin dari komputer di mana ia berada
ke komputer yang meminta. Program-program ini awalnya menimbulkan banyak kontroversi sehubungan dengan pelanggaran hak cipta musik karena mereka memungkinkan pengguna dengan mudah untuk menyalin file musik dan film gratis dari satu komputer ke komputer lain. Untuk membantu mengurangi pelanggaran hak cipta, musik dan berbagi film jasa saat ini biasanya adalah fee based, dan file musik dan film sering dienkripsi saat mereka melakukan perjalanan di Internet. Banyak perusahaan juga melihat keuntungan untuk menggunakan P2P. Artinya, perusahaan dan karyawan dapat bertukar file menggunakan P2P, membebaskan perusahaan dari menjaga server jaringan untuk tujuan ini. Business-to-business situs web e-commerce menemukan bahwa P2P mudah memungkinkan pembeli dan penjual untuk berbagi informasi perusahaan seperti database produk.          
Topologi jaringan
Sebuah topologi jaringan mengacu pada tata letak komputer dan perangkat dalam jaringan komunikasi. Tiga topologi jaringan yang umum digunakan adalah star, bus, dan cincin. Sebagian besar jaringan, termasuk Internet, menggunakan kombinasi dari topologi ini.
bintang Jaringan
Pada jaringan bintang, semua komputer dan perangkat (node) pada jaringan terhubung ke perangkat sentral, sehingga membentuk bintang Dua jenis perangkat yang menyediakan titik koneksi pusat umum untuk node pada jaringan adalah hub dan switch. Semua data yang transfer dari satu node ke yang lain melewati melalui hub atau switch. Jaringan bintang yang cukup mudah untuk menginstal dan memelihara. Node dapat ditambahkan dan dihapus dari jaringan dengan sedikit atau tidak ada gangguan jaringan. Pada jaringan bintang, jika salah satu simpul gagal, hanya simpul yang terpengaruh. Node lain terus beroperasi secara normal. Jika hub atau switch gagal, namun, seluruh jaringan bisa dioperasi sampai perangkat diperbaiki. Kebanyakan jaringan bintang besar, oleh karena itu, menjaga hub cadangan atau switch tersedia dalam kasus yang utama gagal.
Jaringan bus
Sebuah jaringan bus terdiri dari kabel tunggal pusat, dimana semua komputer dan perangkat lain terhubung. Bus adalah kabel fisik yang menghubungkan komputer dan perangkat lain. Bus dalam jaringan bus mentransmisikan data, instruksi, dan informasi di kedua arah. Ketika perangkat pengirim mentransmisikan data, alamat perangkat penerima disertakan dengan transmisi sehingga data tersebut diteruskan ke perangkat penerima yang sesuai. Jaringan bus yang populer pada LAN karena murah dan mudah untuk menginstal. Salah satu keuntungan dari jaringan bus adalah bahwa komputer dan perangkat lain dapat dilampirkan dan terpisah pada setiap titik di bus tanpa mengganggu sisa jaringan. Keuntungan lain adalah bahwa kegagalan satu perangkat biasanya tidak mempengaruhi sisa jaringan bus. Risiko terbesar ke jaringan bus adalah bahwa bus itu sendiri mungkin menjadi dioperasi. Jika itu terjadi, network tetap tdk berlaku sampai bus kembali dalam rangka kerja.
cincin Jaringan
Pada jaringan cincin, kabel membentuk lingkaran tertutup (cincin) dengan semua ers comput- dan perangkat diatur sepanjang cincin. Data yang dikirimkan pada jaringan cincin perjalanan dari perangkat ke perangkat di sekitar seluruh cincin, dalam satu arah. Ketika komputer atau perangkat mengirim data, data perjalanan ke setiap komputer pada cincin sampai mencapai tujuan. Jika komputer atau perangkat pada jaringan cincin gagal, seluruh jaringan berpotensi berhenti berfungsi. Sebuah jaringan cincin dapat span jarak yang lebih besar dari jaringan bus, tetapi lebih sulit untuk menginstal. Topologi cincin terutama digunakan untuk LAN, tetapi juga digunakan dalam WAN.
intranet
Menyadari efisiensi dan kekuatan internet, banyak organisasi menerapkan teknologi Internet dan Web untuk jaringan internal mereka. Intranet (intra berarti dalam) adalah jaringan internal yang menggunakan teknologi internet. Intranet umumnya membuat informasi perusahaan dapat diakses oleh karyawan dan memfasilitasi bekerja dalam kelompok. Aplikasi intranet sederhana meliputi penerbitan elektronik bahan organisasi seperti direktori telepon, kalender event, manual prosedur, karyawan informasi manfaat, dan lowongan pekerjaan. Selain itu, intranet biasanya menyertakan koneksi ke Internet. Menggunakan lebih canggih dari intranet termasuk aplikasi groupware seperti manajemen proyek, chat room, penjadwalan kelompok, dan video conferencing. Intranet pada dasarnya adalah versi kecil dari internet yang ada dalam suatu organisasi. Memiliki server Web, mendukung halaman web yang mengandung multimedia, dan dapat diakses melalui browser Web seperti Internet Explorer, Firefox, Opera, Safari, dan Google Chrome. Pengguna memperbarui informasi pada intranet dengan menciptakan dan posting halaman Web, menggunakan metode yang sama dengan yang digunakan di Internet.
Kadang-kadang perusahaan menggunakan extranet, yang memungkinkan pelanggan atau pemasok untuk mengakses bagian dari intranet. Perusahaan pelayaran paket, misalnya, memungkinkan pelanggan untuk mengakses intranet mereka untuk mencetak tagihan air, jadwal up pick, dan bahkan melacak paket dikirim sebagai paket perjalanan ke tujuan mereka.
Jaringan Komunikasi Standar
Jaringan saat ini menghubungkan terminal, perangkat, dan komputer dari berbagai pabrikan yang berbeda di berbagai jenis jaringan, seperti luas, area lokal, dan wireless. Untuk perangkat yang berbeda pada berbagai jenis jaringan untuk dapat berkomunikasi, jaringan harus menggunakan teknik yang mirip memindahkan data melalui jaringan dari satu aplikasi ke aplikasi lainnya. Sebagai contoh, sebuah komputer mainframe IBM tidak dapat berkomunikasi secara langsung dengan jaringan Apple Macintosh beberapa bentuk terjemahan harus terjadi untuk perangkat pada kedua jenis jaringan untuk berkomunikasi. Untuk mengatasi masalah ketidakcocokan dan memastikan bahwa perangkat keras dan perangkat lunak komponen-komponen dapat diintegrasikan ke dalam jaringan apapun, berbagai organisasi seperti ANSI dan IEEE (diucapkan saya tiga E) mengusulkan, mengembangkan, dan menyetujui standar jaringan. Sebuah standar jaringan mendefinisikan pedoman yang menentukan cara com- puters mengakses media yang mereka terpasang, jenis (s) dari media yang digunakan, kecepatan yang digunakan pada berbagai jenis jaringan, dan jenis (s) dari kabel fisik dan / atau teknologi nirkabel yang digunakan. Sebuah standar yang o utlines karakteristik bagaimana dua perangkat jaringan mengkomunikasikan disebut protokol. Secara khusus, protokol dapat menentukan format data, skema pengkodean, penanganan error, dan teknik sequencing. Hardware dan software produsen merancang produk mereka untuk memenuhi pedoman yang ditetapkan dalam standar tertentu, sehingga perangkat mereka dapat berkomunikasi dengan jaringan. Halaman-halaman berikut membahas beberapa yang lebih banyak digunakan jaringan komunikasi standar dan protokol untuk kedua kabel dan nirkabel net- bekerja termasuk Ethernet, token ring, TCP / IP, Wi-Fi, Bluetooth, UWB, IrDA, RFID, WiMAX, dan WAP. Sering kali, standar jaringan ini dan protokol bekerja sama untuk memindahkan data melalui jaringan. Beberapa standar ini mendefinisikan bagaimana jaringan diatur secara fisik; lain menentukan bagaimana pesan perjalanan sepanjang jaringan, dan sebagainya. Dengan demikian, sebagai data bergerak melalui jaringan dari satu program ke yang lain, mungkin menggunakan satu atau lebih dari standar ini.
Ethernet
Ethernet adalah standar jaringan yang menentukan ada komputer pusat atau perangkat pada jaringan (node) harus mengontrol kapan data dapat dikirim; yaitu, setiap node mencoba untuk mengirimkan data ketika menentukan jaringan tersedia untuk menerima komunikasi. Jika dua komputer pada upaya jaringan Ethernet untuk mengirim data pada saat yang sama, tabrakan akan terjadi, dan komputer harus mencoba untuk mengirim pesan mereka lagi.
Token Ring
Standar token ring menetapkan bahwa komputer dan perangkat pada jaringan berbagi atau lulus sinyal khusus, yang disebut token, secara searah dan dalam urutan yang telah ditetapkan. Token adalah seri khusus bit yang berfungsi seperti tiket. Perangkat dengan token dapat mengirimkan data melalui jaringan. Hanya satu tanda ada per jaringan. Hal ini memastikan bahwa hanya satu komputer mengirimkan data pada satu waktu. Token ring didasarkan pada topologi ring (meskipun dapat menggunakan topologi star). Dard token cincin-standar mendefinisikan pedoman untuk tion fisik configura- jaringan, misalnya, kabel, kartu jaringan, dan perangkat. Beberapa jaringan token ring menghubungkan hingga 72 perangkat. Lainnya menggunakan jenis khusus dari kabel yang
memungkinkan hingga 260 koneksi. Kecepatan transfer data pada jaringan token ring dapat 4 Mbps, 16 Mbps, 100 Mbps, atau 1 Gbps.
TCP / IP
Pendek untuk Transmission Control Protocol / Internet Protocol, TCP / IP adalah standar jaringan, khususnya protokol, yang mendefinisikan bagaimana pesan (data) yang diarahkan dari satu ujung jaringan ke yang lain, memastikan data tiba dengan benar. TCP / IP menggambarkan aturan untuk terbagi secara pesan ing menjadi potongan-potongan kecil, disebut paket; menyediakan alamat untuk setiap paket; memeriksa dan mendeteksi kesalahan; paket sequencing; dan mengatur aliran pesan di sepanjang jaringan. TCP / IP telah diadopsi sebagai standar jaringan untuk komunikasi Internet. Dengan demikian, semua host di Internet mengikuti aturan yang ditetapkan dalam standar ini. Seperti ditunjukkan dalam Gambar 9-19, komunikasi internet juga menggunakan standar lainnya, seperti standar Ethernet, sebagai data diarahkan ke tujuannya. Ketika komputer mengirimkan data melalui internet, data dibagi menjadi paket-paket. Tiap paket berisi data, serta penerima (tujuan), asal (pengirim), dan informasi urutan yang digunakan untuk reas- semble data di tempat tujuan. Setiap paket perjalanan sepanjang tercepat individu jalur yang tersedia untuk komputer penerima melalui komunikasi-komunikasi perangkat yang disebut router. Teknik ini melanggar pesan menjadi paket individu, mengirimkan paket sepanjang rute terbaik yang tersedia, dan kemudian menyusun kembali data disebut packet switching.
Wi-Fi
Komputer dan perangkat yang memiliki kemampuan nirkabel yang sesuai dapat berkomunikasi melalui gelombang radio dengan komputer lain atau perangkat yang menggunakan Wi-Fi (wireless fidelity), yang identi- SPPK jaringan berdasarkan standar 802.11. Dikembangkan oleh IEEE, 802.11 adalah serangkaian standar network yang menentukan bagaimana dua perangkat nirkabel berkomunikasi melalui udara dengan satu sama lain. Tabel di Gambar 9-20 menguraikan berbagai 802.11 standar dan kecepatan transfer data mereka. Sebuah penunjukan 802.11 a / b / g pada ac omputer atau perangkat menunjukkan mendukung ketiga standar (a, b, dan g). Terbaru standar 802.11n, menggunakan beberapa pemancar dan penerima, yang dikenal sebagai MIMO (multiple input multiple-output), untuk mencapai kecepatan 2 sampai 10 kali lebih cepat dari 802.11g. Wi-Fi kadang-kadang disebut sebagai Ethernet nirkabel karena menggunakan teknik yang mirip dengan standar Ethernet untuk menentukan bagaimana secara fisik untuk mengkonfigurasi jaringan nirkabel. Dengan demikian, jaringan Wi-Fi dengan mudah dapat diintegrasikan dengan kabel
Jaringan Ethernet. Ketika jaringan Wi-Fi mengakses Internet, bekerja sama dengan standar jaringan TCP / IP. Produk Bersertifikat Wi-Fi dijamin untuk dapat berkomunikasi satu sama lain. Sebagian besar komputer saat ini dan banyak perangkat mobile, seperti ponsel pintar dan konsol permainan genggam, adalah Wi-Fi diaktifkan. Salah satu penggunaan populer dari standar jaringan Wi-Fi di hot spot (dibahas sebelumnya dalam bab ini) yang menawarkan pengguna ponsel kemampuan untuk terhubung ke Internet dengan Wi-Fi mereka diaktifkan komputer nirkabel dan perangkat. Banyak rumah dan usaha kecil juga menggunakan Wi-Fi untuk komputer dan perangkat jaringan nirkabel. Di daerah tertutup, jangkauan jaringan nirkabel adalah sekitar 100 meter. Untuk obtaincommunications pada jarak maksimum, Anda mungkin perlu menginstal perangkat keras tambahan
Bluethooth
Bluetooth adalah standar jaringan, khususnya protokol, yang mendefinisikan bagaimana dua perangkat Bluetooth menggunakan jarak pendek gelombang radio untuk trans- data yang mit. Transfer data antar perangkat pada tingkat hingga 3 Mbps. Untuk berkomunikasi satu sama lain, perangkat Bluetooth sering harus berada dalam jarak sekitar 10 meter (sekitar 33 kaki), tetapi dapat diperpanjang hingga 100 meter dengan peralatan tambahan. Sebuah perangkat Bluetooth berisi chip kecil yang memungkinkan untuk berkomunikasi dengan perangkat Bluetooth lainnya. Contoh perangkat Bluetooth-enabled dapat mencakup komputer desktop, notebook com- puters, komputer genggam, ponsel pintar, set kepala, keyboard, perangkat mouse, mikrofon, kamera digital, penerima GPS, dan printer. Untuk komputer dan perangkat tidak Bluetooth diaktifkan, Anda dapat membeli port adaptor nirkabel Bluetooth yang akan mengkonversi port USB yang ada ke port Bluetooth. Sebagian besar sistem operasi saat ini memiliki built-in dukungan Bluetooth.
UWB
UWB, yang merupakan singkatan dari Ultra wideband, merupakan standar jaringan yang menentukan bagaimana dua perangkat UWB menggunakan gelombang radio shortrange untuk berkomunikasi pada kecepatan tinggi dengan satu sama lain. Pada jarak 10 meter (sekitar 33 kaki), kecepatan transfer data adalah 110 Mbps. Pada jarak dekat, seperti 2 meter (sekitar 6,5 kaki), transfer rate setidaknya 480 Mbps. UWB dapat mengirimkan sinyal melalui pintu dan rintangan lainnya. Karena kecepatan transfer yang tinggi, UWB sangat cocok untuk pengiriman file besar seperti video, grafik, dan audio. Contoh penggunaan UWB termasuk nirkabel mentransfer video dari kamera video digital, percetakan gambar dari kamera digital, download media ke media player portabel, atau menampilkan slide show pada proyektor.
IrDA
Sebagaimana dibahas dalam Bab 4, beberapa komputer dan perangkat menggunakan standar IrDA untuk mengirimkan data secara nirkabel ke satu sama lain melalui inframerah gelombang (IR) cahaya. Data Transfer perangkat pada tingkat dari 115 Kbps (ribu bit per detik) sampai 4 Mbps antara port IrDA mereka. Infrared membutuhkan line-of-sight transmisi; yaitu, perangkat pengirim dan perangkat penerima harus sejalan satu sama lain sehingga tidak ada yang menghalangi jalan gelombang cahaya inframerah. Karena Bluetooth dan UWB tidak memerlukan line-of-sight transmisi, beberapa ahli mencoba indus- memprediksi bahwa teknologi ini akan menggantikan inframerah.
RFID
RFID (radio frequency identification) adalah standar, khususnya protokol, yang mendefinisikan bagaimana jaringan menggunakan sinyal radio untuk berkomunikasi dengan tag ditempatkan di dalam atau melekat pada suatu objek, binatang, atau orang. Tag, disebut transponder, terdiri dari antena dan chip memori yang berisi informasi yang akan dikirim melalui gelombang radio. Melalui antena, pembaca RFID, juga disebut
  transceiver, membaca sinyal radio dan transfer informasi ke perangkat komputer atau komputasi. RFID tag yang pasif atau aktif. Tag RFID aktif berisi baterai yang berjalan sirkuit chip dan menyiarkan sinyal ke reader RFID. Sebuah tag RFID pasif tidak mengandung baterai dan dengan demikian tidak dapat mengirim sinyal sampai pembaca mengaktifkan antena tag dengan mengirimkan gelombang elektromagnetik. Karena tag RFID pasif tidak mengandung baterai, ini bisa cukup kecil untuk dimasukkan dalam kulit. Tergantung pada jenis RFID reader, jarak antara tag dan pembaca berkisar dari 5 inci sampai 15 meter. Pembaca dapat tangan-diadakan atau tertanam dalam suatu objek seperti pintu atau pabean yang ditunjukkan pada Gambar 9-21.
WiMAX
WiMAX (Worldwide Interoperability for Microwave Access), juga dikenal sebagai 802,16, merupakan standar jaringan yang dikembangkan oleh IEEE yang menentukan bagaimana perangkat nirkabel berkomunikasi melalui udara di wilayah yang luas. Menggunakan WiMAX standar, komputer atau perangkat dengan tepat WiMAX kemampuan nirkabel kasi syarakat melalui gelombang radio dengan komputer atau perangkat lain melalui menara WiMAX. WiMAX tower, yang dapat mencakup hingga radius 30 mil, menghubungkan ke Internet atau ke menara WiMAX lain. Dua jenis spesifikasi WiMAX nirkabel dan mobile wireless tetap. Dengan tetap kawat-kurang WiMAX, pelanggan mengakses internet dari komputer desktop di rumah atau lokasi permanen lainnya. Ponsel nirkabel WiMAX, sebaliknya, memungkinkan pengguna untuk mengakses jaringan WiMAX dengan komputer dan perangkat mobile seperti ponsel pintar. Tetap nirkabel WiMAX memiliki kecepatan transfer data hingga 40 Mbps, sedangkan ponsel nirkabel WiMAX memiliki kecepatan transfer data hingga 15 Mbps. WiMAX standar menyediakan akses internet broadband nirkabel dengan biaya yang wajar jarak jauh untuk bisnis dan pengguna rumah, termasuk daerah pedesaan dan terpencil. WiMAX, mirip dengan Wi-Fi, menghubungkan pengguna ponsel ke Internet melalui hot spot. Banyak komputer dan perangkat mobile seperti ponsel pintar telah built-in kemampuan WiMAX. Beberapa permainan c juga onsoles mendukung standar WiMAX.
WAP
Wireless Application Protocol (WAP) adalah standar, khususnya protokol, yang fies spesimen bagaimana beberapa perangkat mobile seperti ponsel pintar dapat menampilkan isi dari layanan internet seperti web, e-mail, dan chat room. Untuk menampilkan halaman web pada ponsel pintar, ponsel harus berisi microbrowser a. WAP bekerja sama dengan standar jaringan TCP / IP. WAP menggunakan jaringan client / server. Perangkat nirkabel berisi perangkat lunak klien, yang menghubungkan ke server akses Internet provider pro.
komunikasi Perangkat Lunak
Perangkat lunak komunikasi terdiri dari program-program yang (1) membantu pengguna membuat sambungan listrik ke komputer lain atau jaringan; (2) mengatur transmisi data, instruksi, dan informasi; dan (3) menyediakan antarmuka bagi pengguna untuk berkomunikasi dengan satu sama lain. Dua yang pertama adalah sistem s oftware dan yang ketiga adalah perangkat lunak aplikasi. Bab 3 menyajikan berbagai contoh aplikasi perangkat lunak untuk komunikasi: e-mail, FTP, browser Web, papan newsgroup / pesan, chat room, instant messaging, video c onferencing, dan VoIP. Kadang-kadang, perangkat komunikasi yang diprogram untuk menyelesaikan tugas-tugas komunikasi. Perangkat komunikasi lainnya memerlukan perangkat lunak komunikasi yang terpisah untuk memastikan transmisi yang tepat dari data. Software komunikasi bekerja dengan standar jaringan dan protokol hanya dibahas untuk memastikan data bergerak melalui jaringan atau internet dengan benar. Perangkat lunak komunikasi biasanya dibundel dengan sistem operasi atau membeli perangkat n etwork. Seringkali, komputer memiliki berbagai jenis perangkat lunak munications com, masing-masing melayani tujuan yang berbeda. Salah satu jenis perangkat lunak komunikasi, misalnya, membantu pengguna membangun koneksi Internet menggunakan penyihir, kotak dialog, dan pesan lainnya di layar. Lain memungkinkan pengguna rumah dan kantor kecil untuk mengkonfigurasi jaringan kabel dan nirkabel dan menghubungkan perangkat ke jaringan yang ada.
Komunikasi melalui Jaringan Telepon
Public switched telephone network (PSTN) adalah sistem telepon di seluruh dunia yang menangani panggilan telepon suara-berorientasi .Hampir jaringan telepon seluruh hari menggunakan teknologi digital, dengan pengecualian link akhir dari perusahaan telepon lokal ke rumah, yang sering analog. Jaringan telepon merupakan bagian integral dari komunikasi komputer. Data, instruksi, dan informasi yang dikirim melalui jaringan telepon tele menggunakan jalur dial-up atau jalur khusus. Bagian berikut membahas berbagai jenis garis yang menggunakan jaringan telepon untuk komunikasi data.
Dial-Up Lines Garis dial-up adalah koneksi sementara yang menggunakan satu atau lebih saluran telepon analog untuk komunikasi yang. Sebuah koneksi dial-up tidak permanen. Menggunakan jalur dial-up untuk menghubungkan komputer biaya tidak lebih dari membuat panggilan telepon biasa.
Dedicated Garis A dedicated line adalah jenis selalu-pada koneksi yang dibuat antara dua perangkat komunikasi (seperti garis dial-up di mana sambungan dibangun kembali setiap kali digunakan). Kualitas dan konsistensi c onnection pada dedicated line yang lebih baik dari garis dial-up karena jalur khusus menyediakan koneksi konstan. Bisnis sering menggunakan jalur khusus untuk menghubungkan kantor geografis jauh. Jalur khusus dapat berupa analog atau digital.
ISDN Garis Untuk bisnis dan rumah pengguna kecil, saluran ISDN menyediakan kecepatan transfer yang lebih cepat daripada dial-up saluran telepon. Tidak seperti banyak digunakan saat ini seperti di masa lalu, ISDN (Integrated Services Digital Network) adalah satu set standar untuk misi trans digital data melalui saluran telepon tembaga standar. Dengan ISDN, saluran telepon yang sama yang bisa hanya membawa satu sinyal komputer sekarang dapat membawa tiga atau lebih sinyal sekaligus melalui jalur yang sama, menggunakan teknik yang disebut multiplexing.
DSL DSL adalah garis alternatif digital populer untuk usaha kecil atau rumah pengguna. DSL (Digital Subscriber Line) mentransmisikan pada kecepatan cepat pada yang ada secara tembaga standar kabel telepon. Beberapa instalasi DSL termasuk nada panggil, menyediakan pengguna dengan kedua komunikasi suara dan data. Instalasi DSL ini sering mengharuskan ters fil- dipasang untuk mengurangi gangguan suara ketika komunikasi suara berbagi jalur yang sama. ADSL adalah salah satu jenis lebih populer dari DSL. Seperti ditunjukkan dalam, ADSL (asymmetric digital subscriber line) adalah jenis DSL yang mendukung kecepatan transfer yang lebih cepat saat menerima data (downstream rate) dibandingkan saat mengirim data (tingkat hulu). ADSL sangat ideal untuk akses internet karena sebagian besar pengguna men-download infor masi lebih dari Internet daripada mereka meng-upload.
FTTP FTTP, yang merupakan singkatan dari Fiber ke Premises, menggunakan kabel serat optik untuk menyediakan sangat akses Internet kecepatan tinggi untuk fisik lokasi permanen pengguna. Dua jenis spesi- fik FTTP yang FTTH dan FTTB. FTTH (Fiber to Home) menyediakan pengguna rumah dengan akses internet melalui kabel serat optik. Demikian pula, FTTB (Fiber ke Building) mengacu pada usaha kecil yang menggunakan kabel serat optik untuk mengakses Internet. Dengan layanan FTTP, terminal optik di lokasi Anda menerima sinyal dan transfer mereka ke router yang terhubung ke komputer Anda. Sebagai biaya serat ng installi menurun, lebih banyak rumah dan bisnis akan memilih untuk akses Internet kecepatan tinggi ini.
T-pembawa Garis Garis T-carrier adalah salah satu dari beberapa jenis jarak jauh saluran telepon digital yang membawa beberapa sinyal melalui garis nications-komunitas tunggal. Sedangkan saluran telepon standar dial-up hanya membawa satu sinyal, garis T-carrier digital menggunakan multiplexing sehingga sinyal tiple mul- berbagi garis. Garis T-carrier menyediakan kecepatan transfer data yang sangat cepat. Hanya media untuk perusahaan besar biasanya mampu investasi dalam garis T-carrier karena garis-garis ini sangat mahal. Yang paling populer garis T-carrier adalah garis T1. Bisnis sering menggunakan jalur T1 untuk terhubung ke Internet. Banyak penyedia akses internet menggunakan jalur T1 untuk terhubung ke tulang kembali- internet. Rumah dan usaha kecil pengguna membeli T1 pecahan, di mana mereka berbagi koneksi ke garis T1 dengan pengguna lain. T1 pecahan lebih lambat dari garis T1 berdedikasi, tetapi juga lebih murah. Pengguna yang tidak memiliki akses internet kecepatan tinggi lainnya di daerah mereka dapat memilih untuk T1 pecahan. Dengan f garis T1 ractional, kecepatan transfer data menjadi lebih lambat karena pengguna tambahan ditambahkan. Sebuah garis T3 sama dalam kecepatan 28 baris T1. Garis T3 cukup mahal. Pengguna utama garis T3 termasuk perusahaan besar, perusahaan telepon, dan penyedia akses internet con necting ke backbone Internet. Backbone internet itu sendiri juga menggunakan jalur T3.
ATM ATM (Asynchronous Transfer Mode) adalah layanan yang membawa suara, data, video, dan multimedia dengan kecepatan yang sangat tinggi. Telepon net- bekerja, Internet, dan jaringan lain dengan jumlah besar lalu lintas penggunaan ATM. Beberapa ahli memprediksi bahwa ATM akhirnya akan menjadi standar Internet untuk transmisi data, menggantikan garis T3.
komunikasi Perangkat

Sebuah perangkat
komunikasi adalah setiap jenis perangkat keras yang mampu mentransmisikan data, instruksi, dan informasi antara perangkat pengirim dan perangkat penerima. Pada akhir pengiriman, perangkat komunikasi mengirimkan data, instruksi, atau informasi dari perangkat pengirim ke saluran komunikasi. Pada sisi penerima, perangkat komunikasi menerima sinyal dari saluran komunikasi. Salah satu jenis perangkat komunikasi yang menghubungkan saluran komunikasi ke perangkat mengirim atau menerima seperti komputer adalah modem. Komputer memproses data sebagai sinyal digital. Data, instruksi, dan informasi wisata di sepanjang saluran komunikasi baik analog maupun digital, tergantung pada saluran komunikasi. Halaman-halaman berikut menjelaskan jenis komunikasi perangkat: modem dial-up, modem digital, modem nirkabel, kartu jaringan, kawat-jalur akses kurang, router, dan hub dan switch.
Dial-Up Modem Modem dial-up adalah perangkat komunikasi yang dapat mengkonversi sinyal digital ke sinyal analog dan sinyal analog ke sinyal digital, sehingga data dapat melakukan perjalanan sepanjang saluran telepon analog. Ingat bahwa sinyal analog terdiri dari gelombang listrik terus menerus, dan sinyal digital terdiri dari pulsa elektrik individu yang mewakili bit dikelompokkan bersama ke dalam byte. Sebagai contoh, sebuah modem dial-up terhubung ke komputer pengirim mengubah sinyal digital komputer menjadi sinyal analog. Sinyal analog kemudian dapat melakukan perjalanan melalui saluran telepon standar. Pada sisi penerima, jika perlu, modem dial-up yang lain mengubah sinyal analog menjadi sinyal digital kembali bahwa komputer penerima dapat memproses. Sebuah modem dial-up biasanya dalam bentuk kartu adapter yang Anda masukkan dalam slot ekspansi pada motherboard komputer. Salah satu ujung kabel telepon standar menempel ke port pada kartu modem dan colokan ujung lainnya ke stopkontak telepon. Perangkat selain komputer juga menggunakan modem. Sebuah mesin faks yang berdiri sendiri, misalnya, memiliki modem yang mengubah gambar digital dipindai menjadi sinyal analog yang dikirim ke mesin faks penerima.

Digital Modem: ISDN, DSL, dan kabel Modem digital adalah perangkat komunikasi yang mengirim dan menerima data dan informasi ke dan dari garis digital. Tiga jenis modem digital ISDN modem, modem DSL, dan kabel modem. Modem ini biasanya termasuk built-in konektivitas Wi-Fi. Modem ISDN mengirimkan data digital dan informasi yang dari komputer ke saluran ISDN dan menerima data digital dan informasi dari saluran ISDN. Modem DSL mengirimkan data digital dan informasi dari komputer ke saluran DSL dan menerima data digital dan informasi dari saluran DSL. ISDN dan DSL modem biasanya adalah perangkat eksternal, di mana salah satu ujung terhubung ke saluran telepon dan ujung lainnya terhubung ke port pada unit sistem. Sebuah kabel modem, kadang-kadang disebut modem broadband, adalah modem digital yang mengirim dan menerima data digital melalui kabel televise sion (CATV) jaringan (Gambar 9-26). Dengan lebih dari 110 juta rumah kabel untuk kabel televise sion, modem kabel menyediakan lebih cepat alternatif akses internet dial-up untuk pengguna rumahan dan dapat memiliki kecepatan yang mirip dengan DSL. Beberapa pengguna menginstal sebuah amplifier untuk meningkatkan kekuatan sinyal, yang dapat berfluktuasi tergantung pada banyak faktor seperti tugas Anda melakukan dan jumlah pengguna lain yang terhubung. Seperti ditunjukkan dalam Gambar 9-27, layanan CATV memasuki rumah Anda melalui satu baris. Untuk mengakses Internet menggunakan layanan CATV, perusahaan CATV menginstal splitter di dalam rumah Anda. Dari splitter, salah satu bagian dari kabel berjalan televisi dan bagian lain terhubung ke modem kabel. Banyak operator CATV menyediakan modem kabel sebagai bagian dari instalasi; beberapa menawarkan rencana sewa, dan lain- lain mengharuskan Anda membelinya secara terpisah. Modem kabel biasanya eksternal (terpisah) perangkat, di mana salah satu ujung kabel terhubung ke stopkontak CATV dan colokan ujung lainnya di pelabuhan, seperti di kartu Ethernet, dalam unit sistem. Kartu Ethernet adalah jenis kartu jaringan. Bagian selanjutnya membahas kartu jaringan.
Wireless Modem Beberapa pengguna ponsel memiliki modem wireless yang menggunakan jaringan ponsel untuk terhubung ke Internet secara nirkabel dari komputer notebook, ponsel pintar, atau perangkat mobile lainnya (Gambar 9-28). Modem nirkabel, yang memiliki antena eksternal atau built-in, yang tersedia sebagai USB flash drive, modul ExpressCard, kartu PC, dan kartu memori. Beberapa ponsel pintar juga dapat berfungsi sebagai modem nirkabel ketika terhubung dengan kabel khusus untuk komputer pribadi.
Kartu Jaringan, kadang-kadang disebut kartu antarmuka jaringan (NIC diucapkan nick), adalah perangkat nications-komunitas yang memungkinkan komputer atau perangkat yang tidak memiliki built-in kemampuan jaringan untuk mengakses jaringan. Kartu jaringan mengkoordinasikan pengiriman dan penerimaan data, instruksi, dan informasi ke dan dari komputer atau perangkat yang berisi kartu jaringan. Kartu jaringan yang tersedia dalam berbagai gaya
..
Router Router adalah perangkat komunikasi yang menghubungkan beberapa komputer atau router lain bersama-sama dan mengirimkan data ke tination des-benar pada jaringan. Router dapat digunakan pada setiap ukuran jaringan. Pada skala terbesar, router sepanjang backbone internet paket data ke depan untuk tujuan menggunakan jalur tercepat yang tersedia. Untuk jaringan bisnis dan rumah yang lebih kecil, router memungkinkan komputer tiple mul- untuk berbagi koneksi internet kecepatan tinggi tunggal seperti melalui kabel modem atau DSL modem (Gambar 9-31). Router ini terhubung 2-250 komputer. Untuk mencegah pengguna yang tidak sah dari mengakses file dan komputer, banyak router dilindungi oleh firewall built-in, yang disebut firewall hardware. Beberapa juga memiliki built-in perlindungan antivirus. Router juga mendukung komunikasi nirkabel, menghilangkan kebutuhan untuk titik akses nirkabel yang terpisah dalam jaringan nirkabel. Jika jaringan memiliki tingkat atau terpisah titik akses nirkabel, terhubung ke router melalui kabel. Beberapa router juga mencakup fungsi tambahan seperti termasuk server print built-in. Router hari ini atau kombinasi titik akses nirkabel / router yang mudah untuk mengkonfigurasi dan aman terhadap akses yang tidak sah.
Hub dan Switch Hari ini, ribuan jaringan komputer yang ada, mulai dari jaringan kecil yang dioperasikan oleh pengguna rumah ke jaringan global yang dioperasikan oleh berbagai perusahaan telekomunikasi. Interc onnecting ini banyak jenis jaringan memerlukan berbagai jenis perangkat komunikasi. Sebuah hub atau switch adalah perangkat yang menyediakan titik sentral untuk kabel dalam jaringan (Gambar 9-32). Jaringan yang lebih besar biasanya menggunakan hub, sementara etworks n lebih kecil menggunakan switch. Beberapa hub dan / atau switch termasuk router. Artinya, hub atau switch menerima data dari berbagai arah dan kemudian meneruskan ke satu atau lebih tujuan.
rumah Jaringan

Banyak pengguna rumah yang menghubungkan beberapa komputer dan perangkat bersama-sama dalam jaringan rumah. Rumah jaringan menghemat uang pengguna rumah dan memberikan banyak kemudahan. Setiap jaringan komputer di rumah memiliki kemampuan sebagai berikut: Hubungkan ke Internet pada saat yang sama Berbagi satu koneksi Internet kecepatan tinggi Akses file dan program pada komputer lain di rumah • Share peripheral seperti printer, scanner , hard disk eksternal, atau disc drive game Bermain multiplayer optik dengan pemain di komputer lain di rumah • Sambungkan konsol game ke Internet • Berlangganan dan menggunakan VoIP
Banyak vendor menawarkan paket jaringan rumah yang mencakup semua perangkat keras dan perangkat lunak yang diperlukan untuk jaringan rumah Anda menggunakan teknik kabel atau nirkabel. Beberapa paket ini juga menawarkan kemampuan jaringan cerdas. Sebuah jaringan rumah cerdas memperluas jaringan rumah dasar untuk menyertakan fitur seperti kontrol pencahayaan, penyesuaian termostat, dan sistem keamanan. Anda tidak lagi membutuhkan pengetahuan bersifat ekstensif jaringan untuk mendirikan sebuah jaringan rumah. Sebagai contoh, versi terbaru dari Windows memungkinkan Anda untuk menghubungkan semua komputer di rumah Anda ke jaringan rumah dengan mudah.
Wired Depan Jaringan Seperti dengan jaringan lain, jaringan rumah dapat menggunakan kabel, akan nirkabel, atau menggunakan kombinasi kabel dan nirkabel. Tiga jenis jaringan rumah kabel Ethernet, kabel powerline, dan phoneline.
Jaringan Ethernet Sebagaimana dibahas sebelumnya dalam bab ini, jaringan Ethernet tradisional mengharuskan setiap komputer memiliki built-in kemampuan jaringan atau mengandung kartu jaringan, yang menghubungkan ke hub jaringan pusat atau perangkat serupa dengan kabel fisik. Ini mungkin melibatkan menjalankan kabel melalui dinding, langit-langit, dan lantai di rumah. Untuk pengguna rumahan, perangkat keras dan perangkat lunak dari jaringan Ethernet bisa sulit untuk mengkonfigurasi.
Powerline Kabel Jaringan Sebuah jaringan kabel rumah powerline adalah jaringan yang menggunakan baris yang sama yang membawa listrik ke dalam rumah. Jaringan ini tidak memerlukan kabel tambahan. Salah satu ujung kabel colokan di port USB komputer dan ujung kabel colokan di stopkontak. Data mentransmisikan melalui saluran listrik yang ada di rumah.
Phoneline Jaringan Sebuah jaringan phoneline adalah jaringan mudah-install dan murah yang menggunakan saluran telepon yang ada di rumah. Dengan jaringan ini, salah satu ujung kabel nects con- ke adaptor kartu atau PC Card di komputer dan colokan ujung lainnya di soket telepon di dinding. Jaringan phoneline tidak mengganggu transmisi suara dan data pada saluran telepon. Artinya, Anda dapat berbicara di telepon dan menggunakan saluran yang sama untuk terhubung ke Internet.
Wireless Home Jaringan Untuk jaringan komputer dan perangkat yang menyertakan beberapa kamar atau lantai di rumah, mungkin lebih mudah untuk menggunakan strategi nirkabel. Salah satu keuntungan dari jaringan nirkabel adalah bahwa Anda dapat mengambil komputer mobile di luar, misalnya di halaman belakang, dan terhubung ke Internet melalui jaringan rumah, selama Anda berada dalam jangkauan jaringan. Kebanyakan jaringan rumah menggunakan jaringan Wi-Fi, yang mengirimkan sinyal melalui udara pada jarak hingga 1.500 meter di beberapa konfigurasi. Jaringan Wi-Fi cukup mudah untuk mengkonfigurasi. Setiap komputer mengakses jaringan harus memiliki sesuai built-in kemampuan nirkabel jaringan (seperti teknologi Intel Centrino) atau kartu jaringan nirkabel, yang berkomunikasi baik dengan titik akses nirkabel atau kombinasi router / titik akses nirkabel (Gambar 9-33) . Bahkan dalam jaringan nirkabel di rumah, satu komputer desktop yang biasanya con- nects ke router titik akses nirkabel / menggunakan kabel. Untuk mempelajari lebih lanjut tentang pengaturan jaringan Wi-Fi, menyelesaikan Pelajari Cara 1 aktivitas di halaman 508 dan 509. Jaringan nirkabel memiliki kelemahan gangguan. Dinding, langit-langit, dan perangkat listrik seperti telepon tanpa kabel dan oven microwave dapat mengganggu komunikasi jaringan nirkabel.
Saluran Komunikasi
Seperti dijelaskan di awal bab ini, saluran komunikasi adalah media transmisi dimana data, instruksi, atau perjalanan informasi dalam sistem komunikasi. Jumlah data, instruksi, dan informasi yang dapat melakukan perjalanan melalui saluran komunikasi kadang-kadang disebut bandwidth. Semakin tinggi bandwidth, semakin saluran mentransmisikan. Sebagai contoh, sebuah modem kabel memiliki bandwidth lebih dari modem dial-up. Untuk transmisi teks saja, sebuah bandwidth yang lebih rendah dapat diterima. Untuk transmisi musik, grafis, foto, gambar virtual reality, atau 3-D game, namun Anda perlu bandwidth yang lebih tinggi. Ketika bandwidth terlalu rendah untuk aplikasi, Anda akan melihat perlambatan yang cukup besar dalam kinerja sistem. Latency adalah waktu yang dibutuhkan sinyal untuk perjalanan dari satu lokasi ke lokasi lain pada jaringan. Beberapa faktor yang negatif dapat mempengaruhi latency termasuk jarak antara dua titik, jenis media transmisi, dan jumlah node di mana data harus melakukan perjalanan melalui saluran komunikasi. Untuk performa terbaik, bandwidth harus tinggi dan latency rendah. Sebuah saluran komunikasi terdiri dari satu atau lebih medium transmisi. Media transmisi terdiri dari bahan atau zat yang mampu membawa satu atau lebih sinyal. Ketika Anda mengirim data dari komputer, sinyal yang membawa data mungkin melalui berbagai media transmisiFisik Transmisi Media
Media transmisi fisik yang digunakan dalam komunikasi termasuk kabel twisted-pair, kabel koaksial, dan kabel serat optik. Kabel ini biasanya digunakan di dalam atau di bawah tanah antara bangunan. Ethernet dan token ring LAN sering menggunakan media transmisi fisik. berikut membahas masing-masing jenis kabel.
Twisted-Pair Kabel Salah satu media transmisi yang lebih banyak digunakan untuk jaringan kabel dan sistem telepon adalah kabel twisted-pair. Kabel twisted-pair sists con dari satu atau lebih twisted-pair kabel dibundel bersama
Kabel Coaxial Kabel Coaxial, sering disebut sebagai membujuk (diucapkan KO-kapak), terdiri dari kawat c opper tunggal dikelilingi oleh setidaknya tiga lapisan: (1) bahan isolasi, (2) logam anyaman atau dikepang, dan (3 ) lapisan luar plastik (
Inti dari kabel serat optik kabel Fiber-Optic terdiri dari puluhan atau ratusan helai tipis kaca atau tic plasminogen yang menggunakan cahaya untuk mengirimkan sinyal. Setiap helai, disebut serat optik, setipis rambut manusia. Di dalam kabel serat optik, kaca cladding isolasi dan lapisan pelindung mengelilingi setiap serat optik. Kabel serat optik memiliki keuntungan atas kabel yang menggunakan kawat, seperti twisted-pair dan kabel koaksial: Kemampuan membawa sinyal secara signifikan lebih dari kabel kawat transmisi data lebih cepat • Kurang rentan terhadap kebisingan (gangguan) dari perangkat lain seperti mesin fotokopi keamanan yang lebih baik untuk sinyal selama transmisi karena mereka kurang rentan terhadap kebisingan • Ukuran yang lebih kecil (lebih tipis dan lebih ringan berat)
Kekurangan kabel serat optik yang biaya lebih dari twisted-pair atau kabel koaksial dan dapat sukar bagi kita untuk menginstal dan memodifikasi. Meskipun keterbatasan ini, banyak perusahaan telepon jarak jauh lokal dan mengganti saluran telepon yang ada dengan kabel serat optik, memungkinkan mereka untuk menawarkan akses internet serat untuk rumah dan pengguna bisnis. Bisnis juga yang menggunakan kabel serat optik dalam jaringan lalu lintas tinggi atau sebagai tulang punggung dalam jaringan.
Wireless Transmission Media
Banyak pengguna memilih untuk media transmisi nirkabel karena lebih mudah daripada memasang kabel. Selain kenyamanan, bisnis menggunakan media transmisi nirkabel di lokasi di mana tidak mungkin untuk memasang kabel. Jenis media transmisi nirkabel yang digunakan dalam komunikasi termasuk inframerah, radio siaran, radio selular, oven microwave, dan komunikasi satelit.
Inframerah Sebagaimana dibahas sebelumnya dalam bab ini, inframerah (IR) merupakan media transmisi nirkabel yang mengirimkan sinyal menggunakan gelombang cahaya inframerah. Com- puters ponsel dan perangkat, seperti mouse, printer, dan ponsel pintar, sering memiliki port IrDA yang memungkinkan transfer data dari satu perangkat ke perangkat lain menggunakan gelombang cahaya inframerah.
Radio Siaran Radio Broadcast adalah media transmisi nirkabel yang mendistribusikan sinyal radio melalui udara jarak jauh seperti antara ies Kota-kota, daerah, dan negara-negara dan jarak pendek seperti dalam sebuah kantor atau rumah. Untuk transmisi radio, Anda perlu pemancar untuk mengirim sinyal radio siaran dan penerima untuk menerimanya. Untuk menerima sinyal yang menyatakan siaran radio, penerima memiliki antena yang terletak di kisaran sinyal. Beberapa jaringan menggunakan transceiver, yang keduanya mengirim dan menerima sinyal dari perangkat nirkabel. Radio siaran lebih lambat dan lebih rentan terhadap kebisingan dibandingkan media transmisi fisik tetapi memberikan fleksibilitas dan portabilitas. Bluetooth, UWB, Wi-Fi, dan WiMAX teknologi komunikasi dibahas lier ear- dalam penggunaan pasal sinyal radio siaran. Bluetooth dan UWB alternatif untuk kation Communi inframerah, dengan yang terakhir yang dirancang untuk transmisi bandwidth tinggi. Hot spot menggunakan Wi-Fi, WiMAX, dan jaringan Bluetooth.
Radio selular adalah bentuk siaran radio yang digunakan secara luas untuk komunikasi mobile, sekutu fic tertentu modem nirkabel dan ponsel. Sebuah ponsel adalah perangkat telepon yang menggunakan frekuensi tinggi gelombang radio untuk mengirimkan pesan suara dan data digital. Karena hanya sejumlah quencies radio fre ada, penyedia jaringan selular menggunakan kembali frekuensi sehingga mereka dapat mengakomodasi sejumlah besar pengguna
1G (generasi pertama) ditransmisikan data analog 2G (generasi kedua) mengirimkan data digital dengan kecepatan dari 9,6 Kbps menjadi 19,2 Kbps 3G (generasi ketiga) mengirimkan data digital dengan kecepatan dari 144 Kbps menjadi 2,4 Mbps 4G (generasi keempat) mengirimkan data digital dengan kecepatan hingga 15 Mbps
Contoh standar 3G termasuk GSM (Global System for Mobile Communications), UMTS (Universal Mobile telekomunikasi tions System), GPRS (General Packet Radio Service), CDMA (Code Division Multiple Access), EDGE (Enhanced Data GSM Environment), dan EVDO (Evolution Data Optimized). Standar-standar 3G memungkinkan pengguna dengan cepat untuk menampilkan edia multim dan grafis, browsing Web, menonton t elevision atau video, memiliki konferensi video, dan transfer data pada perangkat seluler. Penyedia layanan yang menawarkan layanan 3G termasuk Sprint, Verizon, dan AT & T.
Kategori jaringan selular terbaru, jaringan 4G, menggunakan standar komunikasi nirkabel WiMAX mobile. Beberapa utama perusahaan munications com- telah bekerja sama untuk mengembangkan jaringan 4G nasional.
Komunikasi Personal Services (PCS) adalah istilah yang digunakan oleh nications Komisi Federal Komunis (FCC) untuk mengidentifikasi semua komunikasi digital nirkabel. Perangkat yang menggunakan PCS termasuk ponsel, PDA, pager, dan mesin faks. Perangkat ini memiliki voice mail, call forwarding, kemampuan faks, caller ID, dan modem nirkabel internet dan e-mail akses.
Microwave Microwave adalah gelombang radio yang menyediakan transmisi sinyal kecepatan tinggi. Transmisi microwave, sering disebut nirkabel tetap, melibatkan pengiriman sinyal dari satu stasiun microwave yang lain (Gambar 9-41). Gelombang mikro dapat trans- data yang mit dengan harga sampai dengan 4.500 kali lebih cepat dari modem dial-up. Sebuah stasiun microwave adalah hidangan reflektif bumi berbasis yang berisi antena, transceiver, dan peralatan lain yang diperlukan untuk komunikasi microwave. Seperti inframerah, microwave menggunakan line-of-sight transmisi. Untuk menghindari kemungkinan penghalang, seperti gedung atau gunung, stasiun microwave sering duduk di puncak gedung, menara, atau pegunungan. Transmisi microwave biasanya digunakan dalam lingkungan di mana memasang fisik Media transmis- sion sulit atau tidak mungkin dan di mana line-of-sight transmisi tersedia. Sebagai contoh, transmisi microwave digunakan di daerah-daerah yang terbuka lebar seperti gurun atau danau, antara bangunan di wilayah geografis dekat, atau untuk berkomunikasi dengan satelit. Pengguna saat transmisi microwave termasuk universitas, rumah sakit, pemerintah kota, penyedia televisi kabel, dan perusahaan telepon. Rumah dan usaha kecil yang tidak memiliki koneksi internet kecepatan tinggi lain yang tersedia di daerah mereka juga memilih untuk biaya lebih rendah rencana fixed wireless.
High-Tech Bicara
Setiap pesan yang dikirim melalui jaringan - bahkan pesan e-mail yang paling sederhana - harus dibagi ke dalam paket diskrit data dan diteruskan melalui medium transmisi seperti tele- saluran telepon. Sementara perjalanan dari komputer pengirim ke komputer penerima, setiap paket data yang dapat mengambil jalan yang berbeda melalui jaringan. Bagaimana pesan ini sampai ke tujuan mereka, utuh dan akurat?
Interkoneksi Sistem Terbuka (OSI) model referensi, standar komunikasi yang dikembangkan oleh International Organization for Standardization (ISO), menawarkan jawaban. Model referensi OSI menggambarkan aliran data dalam jaringan melalui tujuh lapisan, dari aplikasi
\pengguna untuk media transmisi fisik.



Minggu, 07 Desember 2014

tutorial Quiz Flubaroo

saya akan menjelaskan tutorial flubaroo yaitu Web-based Quiz atau Online Quiz
  • pertama buka google drive
  • klik baru kemudian pilih lainya lalu klik google formulir
  • berilah judul formulir 
  • lalu pilih tema pertanyaan 
  • buat pertanyaan untuk formulir , jika sudah klik selesai
  • untuk mengirim formulir, kita bisa mengirimkanya lewat URL atau email
  • kemudian buka spreadsheet

  • pilih pengaya, daptkan pengaya, pada kotak pencarian tuliskan kata kunci flubaroo
  •  klik flubaroo kemudian install

  • buka flubaroo, klik grade assignment
  •  langkah pertama memungkinkan kita untuk memilih pertanyaan yang akan dinilai, dan berapa    banyak  poin yang akan diberikan per pertanyaan
  •  dalam langkah kedua kita memilih mana jawaban responden yang akan digunakan sebagai kunci setelah kuis dinilai
  • lembaran baru akan muncul berjudul "nilai" , pada bagian ini kita dapat melihat nilai setiap orang setelah kuis dinilai


Demikian yang bisa saya sampaikan t tentang tutorial kuis online flubaroo.

Jumat, 28 November 2014

System Operasi Smartphone Dan Windows


Sistem Operasi Di dalam Smartphone

            Sekarang ini sudah banyak Sistem Operasi(Operating System/OS) ponsel yang menyertai smartphone dan tentunya lebih canggih.  sistem operasi ponsel terdahulu cuma ada dua yang terkenal yaitu Microsoft Windows Mobile dan Symbian OS. Namun sekarang sudah bertambah banyak dan mereka saling bersaing menujukkan keunggulan dan fitur masing-masing, seperti iOS, Windows Phone, Palm WebOs, Bada OS, dan yang sekarang lagi ngetren-ngetrennya yaitu Android OS.  Dibawah ini akan saya uraikan sejarah dari lima OS yang paling terkenal dan fenomenal  saat ini, yaitu Symbian OS, Windows Mobile (sekarang digantikan Windows Phone), Blackberry OS, Android OS, dan iOS.
Symbian OS
Pada tahun 1980, berdiri perusahaan pengembang software Psion yang didirikan oleh David Potter. Produk dari perusahaan itu diberi nama EPOC. Sistem operasi ini lebih difokuskan pada penggunaannya di telepon bergerak. Pada tahun 1998, terjadi sebuah kerjasama antara perusahaan Ericsson, Nokia, Motorola dan Psion untuk mengeksplorasi lebih jauh kekonvergensian antara PDA dan telepon selular yang diberi nama Symbian. Pada tahun 2004 Psion menjual sahamnya dan hasil kerjasama ini menghasilkan EPOC Release 5 yang kemudian dikenal dengan nama Symbian OS v5. Sistem operasi dari Symbian OS v5 itu sudah mulai mengintegrasikan kebutuhan implementasi aplikasi pada perangkat seperti PDA selain telepon seluler.
Kemudian muncul perangkat yang dinamakan smartphone dan muncullah pula versi-versi terbaru dari Symbian OS hingga ada yang disebut dengan Symbian v6.0 atau yang lebih terkenal dengan nama ER6 yang merupakan versi pertama dari Symbian OS. Sifatnya terbuka karena pada sistem ini dapat dilakukan instalasi perangkat lunak oleh berbagai pengembang aplikasi. Pada awal tahun 2005, muncul Symbian OS v9.1 dengan sistem keamanan platform baru yang dikenal sebagai capability-based security. Sistem keamanan ini mengatur hak akses bagi aplikasi yang akan diinstal pada peralatan dalam hal mengakses API.
Muncul pula yang disebut dengan Symbian OS v9.2 yang melakukan perbaharuan pada teknologi konektifitas Bluetooth dengan digunakannya Bluetooth v.2.0. Sedangkan yang terbaru, Symbian mengeluarkan Symbian OS v9.3 (dirilis pada tanggal 12 Juli 2006) telah mengusung teknologi wifi 802.11 dan HSDPA sebagai bagian dari komponen standarnya.

Windows Mobile
Windows Mobile adalah sistem operasi yang kompak dikombinasikan dengan sederetan aplikasi dasar untuk ponsel berdasarkan Microsoft Win32 API. Perangkat yang menjalankan Windows Mobile termasuk Pocket PC, Smartphone, Portable Media Center, dan on-board komputer untuk beberapa mobil. Perangkat ini dirancang untuk menjadi agak mirip dengan Windows versi desktop, dan fitur-bijaksana aesthetically. Selain itu, pihak ketiga pengembangan piranti lunak tersedia untuk Windows Mobile. Awalnya muncul sebagai Pocket PC 2000 sistem operasi, Windows Mobile telah diperbarui beberapa kali, dengan versi yang Windows Mobile 6.5.
Microsoft pada 2008 yang diproyeksikan pengiriman perangkat dengan Windows Mobile akan meningkat dari 11 juta sampai 20 juta unit, tetapi tidak terjawab tujuan awalnya hanya menjual 18 juta lisensi Citing yang tertunda peluncuran Smartphone tertentu. Windows Mobile dari pasar sebagai sistem operasi untuk Smartphone di seluruh dunia telah jatuh dari 23% pada tahun 2004 turun sampai 12% pada 2008. [1] Windows Mobile sekarang memiliki pangsa pasar smartphone di seluruh dunia dari 14%. [2] lisensi Microsoft Windows Mobile ke empat keluar dari dunia lima produsen ponsel terbesar, dengan Nokia yang lain.
Windows Mobile untuk Pocket PC ini membawa fitur-fitur standar dalam sebagian besar dari versi:
-Today Screen menunjukkan tanggal saat ini, pemilik informasi, janji mendatang, e-mail, dan tugas.
-Taskbar yang menunjukkan waktu saat ini dan volume.
-Office Mobile suite yang Mobile versi aplikasi Microsoft Office
-Outlook Mobile datang dengan Windows Mobile.
-Internet Explorer Mobile browser internet yang dikembangkan oleh Microsoft untuk Pocket PC dan Handheld PC yang dimuat secara default dengan Windows Mobile dan Windows CE untuk Handheld PC.
-Windows Media Player untuk Windows Mobile.
-Klien PPTP VPNs.
-Internet Connection Sharing (ICS) yang memungkinkan ponsel terpasang komputer untuk berbagi koneksi internet melalui USB dan Bluetooth.

BlackBerry OS
BlackBerry adalah perangkat genggam nirkabel yang memiliki kemampuan layanan push e-mail, telepon selular, sms, faksimili Internet, menjelajah Internet, dan berbagai kemampuan nirkabel lainnya. Blackberry pertama kali diperkenalkan pada tahun 1997 oleh perusahaan Kanada, Research In Motion (RIM). Kemampuannya menyampaikan informasi melalui jaringan data nirkabel dari layanan perusahaan telepon genggam mengejutkan dunia.
Blackberry pertama kali diperkenalkan di Indonesia pada pertengahan Desember 2004 oleh operator Indosat dan perusahaan Starhub. Perusahaan Starhub merupakan pengejewantahan dari RIM yang merupakan rekan utama Blackberry. Di Indonesia, Starhub menjadi bagian dari layanan dalam segala hal teknis mengenai instalasi Blackberry melalui operator Indosat. Indosat menyediakan layanan Blackberry Internet Service dan Blackberry Enterprise Server
Pasar Blackberry kemudian diramaikan oleh dua operator besar lainnya di tanah air yakni Excelkom dan Telkomsel. Excelkom menyediakan dua pilihan layanan yaitu Blackberry Internet Service dan Blackberry Enterprise Server+ (BES+).
BES+ adalah layanan gabungan dari BES dan BIS, ditujukan bagi pelanggan korporasi sehingga pelanggan dapat menerima dan mengirim email kantor yang berbasis Microsoft Exchange, Novel Wise, Lotus Domino dan 10 akun e-mail berbasis POP3/IMAP melalui telepon genggam. Sementara, operator Telkomsel hanya menyediakan Blackberry sebagai bagian dari layanan korporasi dengan Blackberry Enterprise Server.
Pada awalnya, layanan Blackberry hanya bisa diakses melalui smartphone Blackberry saja. Tetapi seiring dengan berjalannya waktu, ketiga operator ini telah menyediakan fasilitas Blackberry Connect yang memungkinkan Blackberry Internet Solution diakses melalui smartphone jenis lain seperti Nokia (N-9500, N-9300, N-9300i, E61. E71), Sony Ericsson P910i, M600i, Palm Treo, Dopod, dan lainnya.
Sejauh ini, fasilitas Blackberry memang baru dimanfaatkan oleh para pengguna pribadi dan korporasi, belum merambah hingga bidang pemerintahan dan intelijen seperti di negara-negara lain.

Android OS
Android Inc, adalah sebuah perusahaan software kecil yang didirikan pada bulan Oktober 2003 di Palo Alto, California, USA. Didirikan oleh beberapa senior di beberapa perusahaan yang berbasis IT & Communication; Andy Rubin, Rich Miner, Nick Sears dan Chris White. Menurut Rubin, Android Inc didirikan untuk mewujudkan mobile device yang lebih peka terhadap lokasi dan preferensi pemilik. Dengan kata lain, Android Inc, ingin mewujudkan mobile device yang lebih mengerti pemiliknya. Sejarah Android dimulai dari sini.
Google dan Sejarah Android
Konsep yang dimiliki Android Inc, ternyata menggugah minat raksasa Google untuk memilikinya. Pada bulan Agustus 2005, akhirnya Android Inc diakuisisi oleh Google Inc. Seluruh sahamnya dibeli oleh Google. Nilai pembelian Android Inc ini oleh google tidak ada release pastinya. Tetapi banyak yang memperkirakan nilai pembelian Android Inc oleh Google adalah sebesar USD 50 juta. Saat itu banyak yang berspekulasi, bahwa akuisisi ini adalah langkah awal yang dilakukan Google untuk masuk ke pasar mobile phone.
Andy Rubin, Rich Miner, Nick Sears dan Chris White tetap di Android Inc yang dibeli Google, sehingga akhirnya mereka semua menjadi bagian dari raksasa Google dan sejarah android. Saat itulah mereka mulai menggunakan platfor linux untuk membuat sistem operasi bagi mobile phone.


Sejarah Android dan Open Handset Alliance
Pada bulan nopember 2007, terbentuklan Open Handset Alliance yang merupakan konsorsium dari beberapa perusahaan : Broadcom Corporation, Google, HTC, Intel, LG, Marvell Technology Group, Motorola, Nvidia, Qualcomm, Samsung Electronics, Sprint Nextel, T-Mobile dan Texas Instruments. Mereka sepakat untuk membuat open standart bagi mobile phone. Pada hari yang sama, mereka mengumumkan produk pertama mereka, yaitu Android yang berbasis Linux kernel versi 2.6.
Bulan Desember 2008, bergabunglah 14 perusahaan lainnya yaitu : ARM Holdings, Atheros Communications, Asustek Computer Inc, Garmin Ltd, PacketVideo, Softbank, Sony Ericsson, Toshiba Corp dan Vodafone Group Plc. Hal ini merupakan langkah besar dalam sejarah Android untuk menjadi pemimpin dalam sistem operasi untuk mobile phone.

iOS
Bicara mengenai iOS history atau sejarah iOS, pasti kita mulai bicara mengenai iOS versi pertama hingga iOS 5 yang ada sekarang. iOS (dikenal sebagai OS iPhone sebelum Juni 2010) adalah sebuah operating system mobile Apple. Awalnya dikembangkan untuk iPhone, sejak itu telah diperluas untuk mendukung perangkat Apple lainnya seperti iPod Touch, iPad dan Apple TV. Apple menyediakan pembaruan operating system untuk iPad, iPhone dan iPod Touch sistem melalui iTunes, mirip dengan cara meng-update iPod, iTunes bertugas sebagai perantara dan menjadi keunggulan dibandingkan dengan perangkat dan ponsel lain.
Mari kita melihat lebih dekat iOS History, perkembangan iOS selama ini.

Versi 1
iOS History dimulai ketika Jobs meluncurkan iPhone di tahun 2007, ia mengklaim bahwa perangkatnya menggunakan versi dari OS X. Tidak ada informasi lebih lanjut tentang operating system, dan mengingat bahwa ponsel tidak terbuka untuk pengembang pihak ketiga sampai sembilan bulan setelah peluncuran, ketika Apple merilis iPhone SDK.
iPhone 2G asli, menjalankan apa yang sekarang dikenal sebagai iOS versi 1.0, datang standar dengan pra-instal aplikasi dari Apple, termasuk Phone, Mail, Safari, iPod, Messages, Calendar, Photos, Camera, YouTube, Stocks, Maps, Weather, Notes, Clock, Calculator, dan Settings, dengan aplikasi iTunes muncul dengan versi 1.1.
Hal yang mencolok adalah bahwa semua aplikasi masih diinstal pada setiap iPhone yang dijual, meskipun banyak dari mereka memiliki fitur tambahan yang diperkenalkan dengan versi operating system dan versi terbaru dari hardware.

Versi 2
Terjadi perubahan besar di iOS history yang diperkenalkan pada iOS 2.0 adalah dukungan untuk aplikasi pihak ketiga, yang juga menandai titik balik untuk iPhone sebagai perangkat pasar massal. Meskipun SDK diumumkan pada bulan September tahun 2007, dan dirilis ke developer pada Maret 2008, namun orang-orang benar-benar dapat merasakan kenikmatan App Store ketika iPhone 3G diluncurkan pada Juli 2008.
App Store adalah penambahan terbesar. Yang juga diperkenalkan ke operating system pada saat peluncuran OS kedua adalah dukungan A-GPS (untuk iPhone 3G), dan kalkulator ilmiah dalam modus lansekap.


Versi 3
Bersamaan dengan peluncuran iPhone 3GS, iOS 3.0 membawa beberapa fitur yang sangat dibutuhkan, seperti dukungan MMS, kemampuan untuk tether ponsel Anda dan kemampuan copy dan paste. Update yang jauh lebih besar ke OS dalam hal fitur baru, membawa dengan itu hal-hal seperti pencarian Spotlight, streaming stereo Bluetooth A2DP, kemampuan untuk menggunakan keyboard dalam modus landscape untuk mengetik pesan teks dan email, kemampuan untuk mencari email IMAP , CallDAV dukungan untuk iCal, Memo Suara dan aplikasi Kompas dan dukungan untuk iPod Nike +, shake to shuffle, dan push notification.
Untuk pertama kalinya, iPhone benar-benar tampak seperti sebuah operating system smartphone yang lengkap, memperkenalkan fitur yang telah biasa di smartphone rivalnya, sambil mempertahankan kesederhanaan Apple dan kinerja yang solid. Yah, kecuali multi-tasking, tapi itu masih akan datang.

Versi 4
Tahun 2010, iOS update tidak hanya memperkenalkan istilah iOS, tapi juga mengatasi kurangnya dukungan multitasking. Yah, akhirnya iOS4 mendukung multitasking terbatas, menangguhkan tindakan yang tidak perlu di background untuk mempertahankan hidup baterai, tetapi memungkinkan pengguna untuk melakukan hal-hal seperti membuat panggilan VoIP saat browsing web.
Selain multitasking, iOS4 menambahkan kemampuan untuk mengatur aplikasi Anda ke folder pada setiap homepage, unified inbox untuk semua akun email Anda. Ada aplikasi baru dalam bentuk Game Center - Apple mengambil di Xbox Live untuk iPhone - dan iBooks, sedangkan kemampuan untuk menambahkan* homescreen* background telah membuat beberapa pemilik iPhone senang.
Tapi terdapat peningkatan besar pada IOS 3. Kemampuan untuk beralih data selular on dan off, jumlah karakter untuk pesan SMS dan pencarian SMS, penambahan dukungan zoom saat mengambil foto, HDR foto, kemampuan untuk sync peristiwa, face and place dari iPhoto, mengubah ukuran foto ketika mengirim, berkreasi dengan playlist sementara di jalankan, dan dukungan untuk passcode, semua membuat perbaikan besar operating system pada versi sebelumnya.
Ketika menjalankan iOS4 pada iPhone 3G - bagi banyak pengguna, ini seperti komputer antik mencoba untuk menjalankan photoshop.

Versi 5
iOS versi terbaru ini memiliki iMessage, beberapa orang mungkin mengatakan bahwa membuat pesaing Messenger adalah hal yang baik, seperti membangun kompetisi dan inovasi. Ada juga fitur baru untuk kamera dalam IOS 5. Masih ada tombol hardware untuk mengambil snapshot pada iPhone, iPad, atau iPod Touch, tapi sekarang Anda dapat menggunakan tombol 'up' volume untuk mengambil foto, jadi dasarnya hal yang sama. Terdapat pula sistem notifikasi baru, pesan baru, atau pemberitahuan lain, muncul di bagian atas layar iDevice Anda. Untuk melihat lebih jauh versi terbaru ini silahkan akses http://www.apple.com/iOS/ ND


Sumber:
 http://tibgkelompok7.blogspot.com/2012/07/sejarah-sistem-operasi-smartphone-oleh.html

TUTORIAL MENGGUNAKAN GLOGSTER

         TUTORIAL MENGGUNAKAN GLOGSTER
cara menggunakan glogster edu :
  • buka situs  http://glogsteredu.edu.glogster.com/
  • kemudian lakukan pendaftaran


    • kemudian registrasi, dan simpan
    • setelah itu kemudian masuk /log in dan memulai membuat glog dengan  create new glog
    •  setelah itu kita akan disediakan beberapa pilihan template 
    • kemudian pilih template sesuai keinginan

    berikut salah satu contoh template



    •  untuk menukar wall klik pada wall, pillih wall sesuai keinginan kemudian pilih use it
    • dan tampilan  poster anda akan berubah menjadi seperti berikut
    • untuk menembahkan teks klik pada teks, pilih jenis paparan teks yang anda suka, kemudian klik use it


    dan tampilan akan sperti ini


    • untuk memasukan image klik pada tab image, anda bisa memasukan image dari folder anda atau dari URL lain
    • untuk menambahkan frame pada image klik add frame
    maka tampilan image akan seperti ini
    • untuk menambahkan video klik tab video, anda bisa memasukan video dari folder anda atau dari URL
    • kemudian untuk melakukan posting klik save




    demikian yang bisa saya bahas tentang bagaimana cara menggunakan glogster edu dan semoga bermanfaat,terimakasih

    Minggu, 23 November 2014

    Tugas PTI Membuat Video Dengan Menggunakan Animoto

    Cara Membuat Video Slideshow dengan Animoto
    cara embuat video yang bagus tidak harus menguasai pengetahuan tentang grafis dan piranti lunak,  dengan aplikasi peramban dan layanan Animoto kita bisa membuat video slideshow yang bagus.  dengan mengikuti tutorial membuat video persembahan TRL berikut ini anda bisa membuat sebuah video yang bagus.
    Sebelum masuk ke step by step pembuatan video, kita bahas  mengapa video lebih menarik daripada barisan teks. Menurut sejumlah online marketer dunia, video memiliki tingkat efektifitas yang relatif lebih tinggi ketimbang teks. Karena kebanyakan orang lebih menyukai penjabaran dan potongan kejadian dalam bentuk video, itu sebabnya situs semacam YouTube tak pernah sepi akan pengunjung.


    Anda bisa menjadi pusat perhatian di YouTube atau sekedar berbagi momen dengan kerabat dan orang-orang terdekat memanfaatkan layanan gratis dari Animoto.
    Langkah pertama yang perlu Anda lakukan adalah mengunjungi web resmi Animoto ditautan ini. Silahkan klik Sign Up jika belum memiliki akun, saya tidak akan jelaskan proses pendaftarannya karena saya yakin Anda paham. Atau klik Log In jika sudah pernah mendaftar.

    Jika sudah masuk ke dalam akun klik tombol Create One. akan ditampilkan seperti ini.
                                  


    kemudiaan di halaman berikutnya Anda akan menemukan berbagai gaya slideshow yang terbagi dalam beberapa tema. Klik salah satu sesuai dengan kesukaan Anda.
                                          

    Di percobaan ini saya memilih Coming Up Roses sebagai tema video slideshow yang akan saya buat. Untuk melanjutkan klik tombol Create Video.
                                           

    setelah itu Anda akan dibawa ke halaman video editor, tampilannya kurang lebih akan seperti gambar berikut ini.
                                     


    Klik label My Animoto Videos untuk melakukan modifikasi judul video, producer dan deskripsi, lalu klik tombol Save untuk menyimpan perubahan.

                                



    Selanjutnya klik ikon bertanda plus (+) atau Add pics & vids untuk menambahkan gambar teks.
                                    

    Untuk menambahkan gambar, klik ikon sebelah kiri Anda dan pilih sumber gambar yang Anda inginkan, misalnya jika gambar yang akan Anda upload berada di dalam komputer klik Upload Pictures and Video. Tambahkan beberapa foto atau video sesuai dengan durasi yang disediakan.


    untuk menambahkan teks tidak begitu sulit, klik ikon bertanda T kemudian isi dengan teks yang Anda inginkan.dan akan tampil seperti ini


    Untuk merubah musik latar, klik judul lagu di atas potingan adegan kemudian pilih musik dari direktori yang disediakan atau upload musik dari komputer Anda.


    Jika dirasa sudah oke, coba lihat hasil video Anda dengan mengklik tombol Preview videodi bagian kiri bawah layar komputer Anda. Terakhir klik tombol Produce.


    Tunggu beberapa menit saat sistem memproses permintaan Anda.


    Dan selesai, tepat di sebelah video Anda nanti akan ada beberapa menu yang bisa Anda gunakan seperti berbagi link, sosial media hingga kode untuk menyisipkan video ke blog Anda.


    Semoga artikel cara membuat video slideshow ini bisa memberi inspirasi, selamat mencoba dan sampai jumpa diartikel tutorial serta tips-tips berikutnya.terimakasih 

























    Minggu, 16 November 2014

    TUTORIAL MEMBUAT PROGRAM MATRIKS SEDERHANA DENGAN MEMASUKKAN IF DALAM PROGRAM

    saya akan membahas bagaimana membuat program matriks yang di dalamnya menggunakan if, awalnya saya bingung bagaimana menyisipkan sebuah if di dalam program matrik namun saya terus mempelajari hingga dapat berjalan
    di bawah ini saya akan menampilkan program yang saya buwat

    #include <stdio.h>
    #include <stdlib.h>

    int main()
    {
        int i, A[5]={2,3,1,2,1}, jumlah2=0, jumlah3=0, jumlah1=0;
        for(i=0;i<=4;i++){
        if (A[i]==2){
            jumlah2=jumlah2+1;
        }
        if (A[i]==3){
            jumlah3=jumlah3+1;
        }
        if (A[i]==1){
            jumlah1=jumlah1+1;
        }
        }
    printf("daftar elemen array:\n");
    for(i=0;i<=4;i++) {
    printf("%d\n",A[i]);
    }
    printf("\n"); printf("jumlah angka 2:%d\n",jumlah2); printf("jumlah angka 3:%d\n",jumlah3); printf("jumlah angka 1:%d\n",jumlah1);
    }

    Demikian yang bisa saya tuliskan di blog ini 
    terimakasih

    Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More

     
    Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | Sweet Tomatoes Printable Coupons